Badminton Men’s Team Sea Games XXVI 2011

Pada bulutangkis nomor beregu putra (Men’s Team) SEA Games XXVI partai ke I Men’s Singles dari Indonesia dipegang oleh Simon Santoso yang pada laga semifinal melawan Thailand (13/11) berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia. Simon Santoso adalah satu-satunya perwakilan Men’s Singles dari Indonesia karena pada hari yang sama, Taufik Hidayat dengan terpaksa menyerah kepada lawannya dari Thailand, Tanongsaak. Dalam pertandingan tersebut, Taufik Hidayat kalah dua game langsung dengan skor 13-21 dan 16-21.

Pertemuan pada Final Sea Games nomor beregu putra (15/11), Simon Santoso menghadapi Daren Liew, pemain asal Malaysia. Mereka berdua pernah bertanding sebelumnya Indonesia Open dan dimenangkan oleh Daren Liew. Oleh karena itu, Final Sea Games ini menjadi ajang Simon Santoso untuk membalas kekalahan pada Daren Liew.

Pada set pertama, Simon Santoso bermain dengan hati-hati dan sempat unggul beberapa poin. Namun, lama-kelamaan Daren Liew dapat mengejar ketinggalan poin dengan mudah. Hingga akhirnya Simon Santoso mengubah keadaan dan mulai mengejar poin, begitupula dengan Daren Liew. Pertandingan pada set pertama ini berjalan sangat menegangkan dan ditutup oleh unggulnya poin dari Simon Santoso dengan skor 22-20. Sama halnya dengan set pertama, set kedua pun dipimpin oleh Simon Santoso dengan skor 21-12. Simon Santoso pun mampu mengalahkan lawannya tersebut dengan dua game langsung.

Bulutangkis nomor beregu putra (Men’s Team) partai ke II Men’s Doubles dari Indonesia dipegang oleh Bona Septano dan M. Ahsan dengan peringkat #6 di dunia. Mereka menghadapi Kim Wah Lim dan Wei Sham Goh, pemain asal Malaysia. Sama halnya dengan Simon Santoso dan Daren Liew yang pernah bertanding sebelumnya, pasangan Bona Septano dan M. Ahsan dengan pasangan Kim Wah Lim dan Wei Sham Goh pun pernah bertanding sebelumnya di Malaysia Open 2011 dan dimenangkan oleh Indonesia.

Pada set pertama, kedua pasangan ini bermain dengan cepat hingga akhirnya dimenangkan oleh pasangan Malaysia dengan skor 21-19. Terbalik dengan set pertama, set kedua pun dimenangkan oleh pasangan Indonesia dengan skor 21-14. Ini dia, set ketiga sebagai penentu. Pada set ini, pertandingan berjalan sangat menegangkan karena skor kedua pasangan ini saling mengejar dan akhirnya dimenangkan oleh pasangan Malaysia dengan skor 25-23. Kekalahan pasangan Indonesia ini membuat kedudukan 1-1 atas Indonesia vs Malaysia.

Pada bulutangkis nomor beregu putra (Men’s Team) partai ke III Men’s Singles dari Indonesia dipegang oleh Tommy Sugiarto yang siap menghadapi lawannya asal Malaysia, Muhammad Arif Abdul Latif pada Final Sea Games Men’s Team 2011. Tommy yang berperingkat #18 dunia ini mampu menakhlukan pemain Malaysia dengan dua set langsung 21-14, 21-17. Tommy pun mampu mengembalikan keunggulan Indonesia atas Malaysia 2-1 dengan mengalahkan Muhammad Arif.

Selanjutnya bulutangkis nomor beregu putra (Men’s Team) partai ke IV Men’s Doubles dari Indonesia dipegang oleh Markis Kido dan Hendra Setiawan sebagai mantan pasangan ganda terbaik dunia yang sekarang berada pada peringkat #8. Pada Minggu (13/11) kemarin, Markis Kido dan Hendra Setiawan dikalahkan oleh pasangan Thailand, Maneepong Jongjit dan Bodin Isara dengan skor 20-22, 23-21, dan 18-21. Beruntung, Indonesia mempunyai pahlawan muda Hayom Rumbaka Dionysius yang menang dua set langsung dan mampu membawa Indonesia ke final.

Pertemuan pada Final Sea Games nomor beregu putra (15/11), pasangan Indonesia menghadapi pasangan Mak Hee Chun dan Ong Soon Hock dari Malaysia. Partai ini sebagai penentu kemenangan Indonesia atau Malaysia. Jika pasangan Indonesia menang, maka secara otomatis Indonesia akan menjadi pemenang tanpa harus menurunkan pahlawan muda Hayom Rumbaka Dionysius di Partai kelima. Sama halnya dengan Tommy Sugiarto yang tampil memukau, begitupula dengan pasangan Indonesia di partai keempat ini. Mereka bermain dengan penuh semangat hingga akhirnya memenangkan partai keempat dengan dua set langsung, 21-10 dan 21-14.

Indonesia pun akhirnya memenangkan dan mendapatkan medali emas dari cabang Bulu Tangkis Beregu Putra (Men’s Team) Sea Games 2011 pada tanggal 15 November 2011 dengan medali perak didapat oleh Malaysia, dan medali perunggu didapat oleh Thailand.

_MR_

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template